Kamis, 24 November 2016

MELALUI DIKLATSAR GPHOC XIII AWAL CETAK GENERASI PENERUS


Gajayana Photography club Merupakan salah satu Ukm yang bergerak di bidang Fotografi untuk melanjutkan regenerasi atau pengkaderan dari UKM nya Maka GPHOC malang mengadakan diklat bagi para anggota barunya. Diklat ini diadakan dalam dua sesi diklat ruang dan diklat lapang , diklat ruang di adakan pada tanggal 13-18 September 2016 selama satu minggu lamannya yang pelksanaannya di Aula Magister Manajement lantai 3.
. Acara yang dimulai pukul14.00 WIB dibuka oleh sambutan Ketua Umum Gajayana photography Club, Saudara yolan meldi saputra dan dilanjutkan oleh sambutan Ketua Pelaksana Diklat Fotografi, Saudara aaf ready belafidin . dan acara diklat ruang ini juga di hadiri oleh perwakilan dari bem dan acara ini di buka lansung oleh wakil rektor III bagian kemahasiswaan dan kerja sama bapak djuni farhan ,S.E., M.SI., AK sebagai simbol acara diklatsar XIII telah di buka .Di dalam diklat ruang ini merupakan awal melakukan berproses di sini di beri pengajaran mengenai keorganisasisan dasar dasar fotografi dalam diklat ruang ini peserta yang mengikuti diklat kurang lebih sebanyak 33 mahasiswa baru yang bersal dari berbagai daerah dan berbagai fakultas dan program studi .
Acara Diklat Fotografi ini bertujuan untuk membagi ilmu kepada peserta diklat untuk mengetahui dunia fotografi. Apa itu fotografi, teknik-teknik dasar fotografi, bagian-bagian kamera, jenis-jenis kamera, dan lain-lain. Dalam sesi materi dan tanya jawab ini juga terselip praktik bagaimana cara mengaplikasikan teknik dasar bermain kamera yang dipandu langsung oleh pemateri dan pendampinagn oleh pengurus pada hari itu
Selang tiga minggu dari diklat ruang maka dilanjutkan dengan diklat lapang selama tiga hari dua malam, yaitu mulai tanggal 18-20 Oktober 2016 . Kegiatan yang diikuti oleh 25 orang anggota baru ini dilangsungkan di sebuah Bumi perkemahan bedengan Dau Batu ini merupakan temat turun temurun yang di gunakan untuk melakukan diklat lapang. Pengadaan diklat ini merupakan kegiatan rutin UKM fotografi setiap tahunnya yang merupakan suatu bentuk penerimaan anggota baru UKM fotografi secara resmi.
Sebelum Keberangkatan Peserta Diklatsar BB XII Dikumpulkan di halaman belakang UKM untuk melakukan upacara pemberangkataan yang saat itu juga di hadiri oleh Wakil Rektor Bagian Kemahasiswaan Bapak Djuni Farhan dan juga perwakilan Bem ,Dalam sambutannya bapak Djuni Farhan menyampaikan bahwa didalam acara Diklatsar nati agar para peserta mentaati semua peraturan yang di berikan oleh panitia (kakak seniornya) karena kita keluar dari lingkungan kampus agar saling menjaga sikap dan menjaga nama organisasi serta terpenting menjaga nama baik Civitas Akademik atasnama Universitas Gajayana Malang ke masyarakat luas
Dalam sambutannya, Warek III menyampaikan beberapa hal terkait pentingnya peran fotografer “Kegiatan seperti ini (Diklatsar) adalah kegiatan yang luar biasa karena dapat mengaktualisasikan potensi diri, yakni bermanfaat untuk orang lain. Foto menjadi sebuah karya kebanggaan,”
H-2 Sebelum Keberangkatan peserta sudah di perintahkan membawa beberapa barang bawaan serta tugas baik itu tugas pribadi maupun kelompok yang harus di selesaikan Para CAM (Calon Anggota Muda )di berangkatkan mmenuju lokasi Diklatsar Jam 13.00 yang di lokasi Panitia kegitan DIKLATSAR XII sudah menanti tak lama peserta sampai di gerbang utama menuju lokasi semua peserta di turunkan dan berjalan menuju lokasi kegiatan Di DIKLATSAR XII dibagi menjadi 4 Kelompok. Setelah semua dikumpulkan peserta di beritakan untuk mengecek satu persatu barang bawaannya ,setelah semua di cek oleh panitia peserta di perintahkan oleh sie acara untuk mendirikan 2 tenda cewe dan cowok setelah pendirian tenda dan barang di masukkan semua ke dalam tenda peserta di beri istirahat solat sampe magrib setlah selesai solat magrib peserta di perintahkan makan malam yang di bawa dari rumah tadi , setelah itu baru peserta di kumpulkan kembali untuk pemberian nama lapang serta pembuatan Yel Yel dengan waktu kurang lebih 25 menit di beri waktu untuk di tampilkan di hadapan kita bersama peserta dan panitia penampilan yel yel ini memakan waktu lumayan lama kurang lebih sampai pukul 21.00 berbagai atraksi yel yel di tampilkan oleh peserta lumayan kreatif kreatif di dalam pembuatan yel yel ini .setelah selesai peserta di perintahkan untuk tidur istirahat sampai besok harinya
Hari Ke Dua
Hari kedua juga merupakan Diklatsar Lapang XII . Untuk kedua kalinya mahasiswa baru dikmumpulkan kembali di lapangan lokasi kegiatan Bumi Perkemahan Bedengan . Kami Para panitia membangunkan peserta pukul 05.00 untuk melaksanakan solat subuh dan dilanjutkan lansung dengan streching dan senam pagi yang di pimpin oleh acara . lalu pserta di bagikan 4 kamera yang masing masing kelompok mendapatkan 1 kamera dengan posisi kamera layar LCD di tutup fungsinya disini kami bener bener ingin melihat kejelian para CAm untuk bener bener fokus dalam memotret suatu objek . sebelum berangkat para peserta di berikan arahan lokasi yang harus di lalui pada proses really foto ini dan di beri bekal dalam perjalanan .realy foto merupakan proses pemotretan sepanjang perjalanan dan nantinya akan adanya tanya jawab di post post yang sudah di sedikan panitia proses realy foto .
Kegiatan yang dilakukan selama diklat ini bermacam-macam, diantaranya yaitu materi, foto, dan JJM yaitu semcam jerit malam. Untuk sesi foto, ada acara hunting foto bagi peserta diklat yang dinamakan rally foto, yang dilakukan pada Sabtu pukul 05.00 pagi. Dalam rally foto ini, peserta harus mengambil foto sesuai dengan yang di inginkan peserta tanpa adanya paksaan dari panitia yang telah ditetapkanpanitia hanya menetapkan rute yang sudah di tetapkan yang harus di lalaui oleh peserta , yaitu kebun jeruk dan perkampungan. Walaupun rute sudah ditentukan oleh panitia, namun peserta diberi kebebasan untuk mengambil angle sesuai dengan keinginan masing-masing.Kegiatan lain selain pengambilan foto adalah pemberian materi oleh panitia di beberapa post yang harus di lalui mulai post 1 hingga post 4 . “Materi yang disampaikan bermacam-macam, diantaranya adalah materi tentang keorganisasian dan kepengurusan jenis-jenis foto teknik bagaian kamera dan lain sebagainnya acararealy foto ini berlansung hingga pukul 13.25 setelah perkelompok mulai berdatangan satu persatu lalu rangkaian acar dilanjutkan dengan isoma dan game hinga pukul menunjukkan 15.30 yaitu di isi dengan materi kepemimpinan yang di isi oleh mantan ketua umum demisioner 2015/2016 ringih gusni angoro peserta sangat antusias dengan materi yang di sampaikan banyak terjadi tanya jawab di sini . lalu juga masuk ke materi selanjutnya yaitu loyalitas yang di sampaikan oleh mantan ketua umum oleh mba denisya materi ini merupakan juga penting di dalam organisasi hari menunjukkan pukul 18.00 waktunya untuk melakukan solat magrib untuk materi selesai
Setelah solat magrib para peserta di kumpulkan kembali untuk melakukan makan malam dan penampilan malam inagurasi baik pribadi maupun kelompok disini acaranya adalah ramah tamah bersama senior yang di moderatori oleh mba denis dan mba henny perwakilan dari senior yang disini hadir tidak hanya yang senior yang muda muda saja akan tetapi juga di hadiri oleh para pendiri dan angkatan pertama hingga angkatan ke XII pada saat ini para peserta melakukan uji kebolehannya yang merupakan penampilan paling meriah adalah penampilan dari CISONG, KOLET dan bebrapa lainnya mereka melakukan uji kebolehannya di depan para senior dan pada saat itu juga hadir bapak djuni farhan . acara ramah tamah ini selesai pukul 22.00 lalu peserta di perintahkan untuk istirahat karena nanti jam 00.00 peserta akan di bangunkan akan melalui yang namanya proses jelajah malam akan menguji mental peserta . jalan mlaam ini di mulai pukul 00.00 dengan proses sebelum jam malam para panita mebrivingkan para senior juga terlebih dahulu untuk penempatan tiap post dan pos bayangan .
Peserta di bangunkan jam 00.00 dengan di berangkatkan dari tenda perkelompok perkelompoknya 10 - 20 menit menuju pos post yang sudah di sediakan oleh panitia dengan semboyan yang akan di sampaikan oleh peserta nantinya salam kreasi fotografi dan post yang menjaga menjawab GPHOC .
Proses jalan malam ini lumayan lama hingga pukul 06.00 lansung peserta di lantik dengan proses penyiraman dan pemasangan pin sebagai tanda dari proses CAM (Calon Angota Muda ) .
setelah semua di lantik peserta menuju tenda untuk proses bersih bersih dan melakukan penurunan tenda dan bersiap untk kembali ke kampus lalu makan besar bersama peserta dan panitia serta para senior untuk melihatkan akan kebersamaan dan kekompakan serta kekeluargaan keluarga besar Gajayana Photgraphy Club dilanjutkan dengan upacara penutupan dan pelepasan semua atribut yang di gunakaan saat diklat dan foto bersama dan peserta di perbolehkan untuk menuju rumah masing masing .
Selamat bergabung di dalam Keluarga Besar Gajayana Fotography Club Universitas Gajayana Malang dan selamat berproses belajar menjadi seorang fotografer.





0 komentar:

Posting Komentar