Kamis, 23 April 2015

Still Life

Love in Still Life Photography


Love in Still Life Photography

Still life adalah salah satu dari kategori foto yang sangat umum. Maksud dari still life itu sendiri adalah untuk membuat benda/seseuatu yang mati seolah-olah terlihat hidup setelah difoto. Ada banyak sekali ide untuk membuat foto still life. Kita bisa memanfaatkan benda-benda yang ada disekitar kita, dan menatanya dengan demikian menarik untuk difoto. Jadi, ada beberapa tahap dalam mengambil foto still life, yaitu yang pertama mencari tema, kedua mencari konsep yang semenarik mungkin untuk mendukung tema tersebut, mencari bahan-bahan untuk digunakan sebagai objeknya, lalu yang terakhir adalah proses pemotretannya.
Di sini saya akan memperlihatkan beberapa ide saya dalam membuat foto still life hanya dengan memanfaatkan benda-benda dari sekitar kita, dan semuanya saya kemas dalam satu tema, yaitu love (cinta). Foto still life yang pertama berjudul I Love Reading, dan foto kedua berjudul Ikatan Suci.


Foto still life yang pertama mengisahkan cinta dalam membaca buku. Bahan-bahan untuk membuat still life sangat mudah kita dapatkan di sekitar kita, yaitu buku, cincin, kertas merah untuk background, dan manik-manik kecil. Sedangkan tehnik pengambilannya adalah dengan mengambil diafragma 5,6, speed 160 sec, dan focal length 185 mm. Dan kamera yang saya gunakan adalah kamera NIKON D5100 jenis tele 70-300 mm, namun kita bisa menggunakan jenis kamera yang lain.



Foto yang kedua menggambarkan cinta sepasang kekasih yang diikatkan dalam sebuah pernikahan. Foto still life ini memanfaatkan benda-benda yang simple juga, seperti telor ayam, bunga melati putih, kertas merah untuk background, spidol hitam untuk menggambar wajah, karton hitam untuk baju mempelai laki-laki, kaca untuk alas agar ada kesan pantulan, kain rantai manik-manik warna silver (bisa dibeli di toko pernak-pernik dengan harga 1000 rupiah per meternya). Sedangkan dari segi tehnik pemotretannya adalah dengan menggunakan kamera tele juga, dengan mengambil speed 8 sec, diafragma 5,6, dan focal length 52 mm.
Cukup mudah bukan? Nah, kalian semua bisa mencobanya sendiri dengan mencari ide-ide yang lebih kreatif untuk menghasilkan foto-foto still life yang lebih keren lagi. Selamat mencoba….! ^_^

Article written by Yuni






Writer: Yuni
Editor: Yuni



0 komentar:

Posting Komentar