Kamis, 23 April 2015

PAMERAN PERDANA KU

Karya pertama saya, saya beri judul “Battle”. Kenapa saya beri judul itu ? karena saya melihat gaya dari objek diatas, yang seolah – olah sedang bersiap untuk berduel. Judul “Battle” saya ambil dari bahasa Inggris yang artinya duel, karena sesuai dengan pose objek diatas. Komposisi dari karya saya adalah ½, yaitu hanya terfokus pada salah satu objek saja. Diafragma yang saya gunakan adalah F/5.6, dengan Speed 1/600. Jelas sekali kenapa saya gunakan F/5.6, itu karena saya sengaja ingin memfokuskan pada satu objek saja, dan kenapa saya gunakan speed 1/600 ? tentu saja itu batas normal pencahayaan kamera.


Karya kedua saya, berjudul “Speed”. Kenapa “Speed” ? Karena menurut saya itu tepat sekali dengan gambar diatas. Dan judul itu pun berasal dari bahasa Inggris yang artinya kecepatan. Sesuai dengan teknik yang saya gunakan, yaitu Panning yang biasa digunakan untuk menunjukkan suatu kecepatan. Saya menggunakan diafragma F/18, karena teknik Panning harus menggunakan Speed rendah, dan diafragma F/18 sebagai titik normal pencahayaan kamera. Dan saya juga menggunakan Speed 1/30, karena teknik ini membuat objek yang bergerak menjadi diam, dengan cara menggerakkan lensa mengikuti objek yang bergerak.


Karya ke-3 berjudul “SI MATA BESAR” tentu saja sesuai dengan gambar, judul saya ambil dari bentuk mata hewan ini yang memang begitu besar dibanding dengan marmut jenis lainnya. Komposisi ini jelas komposisi 1/2, dengan diafragma F/5.6, dengan speed 1/100. Saya gunakan diafragma F/5.6 karena tentu saja saya hanya mau memfokuskan pada salah satu objek saja yaitu matanya. Nah speed 1/100 masih sama dengan yang tadi saya sesuaikan dengan titik normal pencahayaan kamera.


Karya ke-4 “SANG PELINDUNG” kenapa ? Karena sesuai dengan sepengetahuan saya patung kecil yang tepat berada di depan patung besar itu merupakan salah satu pelindung seorang kesatria yang menaiki seekor garuda raksasa untuk suatu misi tertentu. Sama seperti sebelumnya menggunakan komposisi 1/2, diafragma F/5, speed 1/1000, dan ISO-100. F/5 karena saya mau fokus pada satu objek saja, speed 1/1000 titik normal pencahayaan kamera, dan ISO-100 untuk mengurangi noise (bintik hitam) pada objek.


Karya ke-5 “SENYUM MANJA” saya ambil dari expresi model diatas, dengan senyumannya yang memanja, dengan tatapannya kepada kamera yang membuatnya semakin terlihat manja. Foto ini saya ambil dengan diafragma F/7.1, speed 1/100. Speed 1/100 saya pilih agar dapat dengan cepat mengambil expresi spontan dari model ini. Dan F/7.1 memang saya pilih untuk lebih over pencahayaan sedikit, untuk membuat dimensi warna background.

SEKIAN DAN TERIMA KASIH.

0 komentar:

Posting Komentar