Senin, 20 April 2015

Topeng Malang

TOPENG MALANG

“Ada yang pernah melihat topeng Malang?Bagaimana bentuknya?Bagaimana proses pembuatanya?”

Melalui tulisan ini, saya akan berbagi sedikit cerita tentang topeng Malang sekaligus bagaimana cara pembuatannya. Dari hasil survey yang saya lakukan, dapat diketahui bahwa hampir sebagian besar masyarakat Malang sudah mengetahui bahwa topeng malang menjadi ikon kota Malang tercinta. Topeng malang juga merupakan warisan budaya yang sudah ratusan tahun silam. Namun bagaimana berlangsungnya kesenian tersebut mungkin hanya sebagian kecil masyarakat yang mengetahui dan peduli.


Beberapa bentuk ekspresi dari topeng Malang.

Topeng malang mulai terkikis oleh perkembangan teknologi yang membuat masyarakat Malang mulai melupakannya. Berawal dari rasa penasaran ini, saya akan mencoba untuk mengingatkan kembali masyarakat akan warisan budaya yang sangat dekat namun mulai dilupakan masyarakat Malang sendiri. Melalui media fotografi, saya juga akan mencoba menghadirkan bagaimana upaya para seniman topeng malang dalam melestarikan warisan budaya ini dalam bentuk foto.


Sanggar Asmoro, sanggar tari dan topeng Malang.

Berbagi cerita yang saya peroleh dari sanggar tari dan topeng malang yang berada di desa Pakisaji, Malang. Awalnya pada tahun 1982 terbentuk sekelompok tari topeng, setelah itu mereka mengikuti lomba tari se-jatim dan tingkat nasional. Sehingga Bupati Jakarta memberikan hadiah sebuah sanggar tari topeng untuk latihan warga di Pakisaji Malang, dan mereka selalu mengadakan pentas rutin setiap bulannya.


Pak Karimun dengan aktivitas seninya, membuat topeng Malang.

Pak Karimun adalah pendiri pertama sanggar tari topeng malang ini yang di beri nama Asmoro Bangun. Selain mempertunjukkan tari topeng malang, sanggar sini juga memproduksi topeng malang. Sekarang segala aktivitas di Asmoro Bangun diteruskan oleh cucu dari pak Karimun, yaitu pak Handoyo. Pak Handoyo berada di generasi ke 5 di tari topeng dan generasi ke 3 di kerajinan topeng malang. Pembuatan topeng malang menggunakan bahan kayu sengon yang tekstur kayunya empuk dan mudah di bentuk. Pembuatan topeng malang dibantu oleh saudara pak Handoyo, yaitu pak Edi, pak Raimun, dan mbak Hariati.

Sanggar Asmoro Bangun menjual topeng-topeng produksinya di malang raya dan di luar kota. Tak hanya itu, banyak sekolah-sekolah yg mengadakan studi tour atau fieldtrip di Asmoro Bangun untuk mengetahui cara pembuatan topeng dan sejarahnya. Banyak piagam penghargaan yang diperoleh sanggar tari dan pembuatan topeng malang ini. Latian tari dilakukan setiap hari minggu jam 08.00 smpai jam 10.00 yang diikuti oleh anak-anak dan warga di Kedungmonggo, Karang pandan, kecamatan Pakisaji, Malang.

Di akhir tulisan ini, saya menampilkan beberapa foto yang memperlihatkan proses pembuatan topeng Malang.

Gelondongan kayu sengon sebagai bahan utama topeng malang.


Proses pemahatan topeng malang ari gelondong kayu sengon


Menggambar detail ukiran topeng malang

Proses penghalusan topeng malang yang sudah terbentuk.

Proses pengecatan topeng malang.

Semoga bermanfaat…!

Article written by Ringgih G. Anggoro
Edited by Yuni


0 komentar:

Posting Komentar